Ad Code

Responsive Advertisement

Memilih Perusahaan Sekuritas Untuk Investor Saham Pemula

Memilih Perusahaan Sekuritas Untuk Investor Saham Pemula


Blog ini tujuan awalnya memang sengaja dibuat untuk dokumentasi informasi finansial admin pribadi. Berawal dari ketertarikan saya melihat teman kantor yang sibuk memperhatikan grafik portfolionya di aplikasi trading saham.

Saya pun mencari informasi dari e-book, artikel online, hingga podcast di Youtube untuk saya dokumentasikan dalam postingan blog ini. Saat menulis ini pun saya belum 'main' saham, karena semuanya mesti saya rencanakan dengan pertimbangan banyak hal.

Baca: Gadai BPKB Motor Mudah dan Cepat, Begini Caranya!

Termasuk diantaranya memilih perusahaan sekuritas mana yang akan saya pilih dan gunakan dalam menunjang saya berinvestasi saham. Cara yang saya lakukan adalah mengumpulkan informasi lalu membandingkan perusahaan sekuritas terbaik berdasarkan layanan yang diberikan.

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Untuk Investor Saham Pemula

Nah di postingan ini saya ingin membandingkan perusahaan-perusahaan sekuritas 'pilihan' dan yang akan saya gunakan adalah yang memiliki preferensi terbaik untuk saya pribadi. Sebagai pemula, pertimbangan saya dalam hal ini yaitu:

  1. Tidak ada minimum setoran awal/minimum setoran awal rendah.
  2. Biaya transaksi rendah/paling kecil.
  3. Memiliki aplikasi di smartphone (dan web tentunya) serta friendly use alias mudah digunakan.
  4. Cabangnya ada di kota tempat saya tinggal (sekitar Tangerang Selatan), jika perlu pembukaan akun full online.
  5. Mudah pencairan dan ke rekening

Bukan tanpa alasan, pertimbangan tersebut 'terpaksa' dilakukan karena memang sebagai orang biasa yang hampir tidak punya uang 'dingin' maka mesti membuat alokasi pengeluaran baru untuk berinvestasi sehingga start investasi mungkin akan dimulai dengan dana yang rendah.

Baca: Gini Lho Cara Main Saham

Selain itu, dalam perjalanan investasi tentu saya akan 'nyicil nanem saham' pada perusahaan yang tepat sehingga perlu dukungan biaya transaksi yang rendah. Kemudian karena bukan uang 'dingin' maka dan yang dialokasikan ini bisa saya butuhkan mendadak sehingga pencairan yang mudah dapat membantu menyeimbangkan temporary kebutuhan keuangan pribadi.

Sebelum masuk jauh ke sana, jika kita masih awam semua istilah, pengertian, fungsi, serta hak dan kewajiban yang berkaitan dengan perusahaan sekuritas oleh karena itu kita pahami sedikit tentang apa itu sekuritas.

Pengertian Perusahaan Sekuritas

Perusahaan sekuritas atau perusahaan efek adalah perusahaan yang membantu orang-orang agar bisa melakukan transaksi (jual/beli) dengan dana yang mereka miliki di pasar saham atau bursa efek. Masyarakat tentu tidak bisa begitu saja membeli saham tanpa mendaftarkan terlebih dahulu ke perusahaan efek atau sekuritas.

Berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 1995:

Perusahaan efek atau perusahaan sekuritas adalah pihak yang melakukan kegiatan usaha sebagai Penjamin Emisi Efek, Perantara Pedagang Efek, dan/atau Manajer Investasi.

Karena pentingnya memilih perusahaan yang akan kita gunakan dalam 'bermain saham', maka saya lebih dahulukan perbandingan sesuai dengan selera kita. Ingat, semua perusahaan sekuritas itu bagus selama diawasi dan terdaftar OJK tinggal seperti apa yang sesuai dengan keinginan kita.

Baca: Suka Main Saham? Coba Lirik Saham Perusahaan Sektor Keuangan

Kegiatan perusahaan sekuritas meliputi:

  • Penjamin emisi efek; membantu calon emiten dalam pelaksanaan penawaran umum saham (IPO), dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli efek yang tidak terjual.
  • Perantara dagang efek; perusahaan sekuritas bertanggung jawab pada dua hal. Pertama, pelaksanaan kegiatan jual beli efek (surat berharga) untuk kepentingan sendiri atau pihak lain. Kedua, pelaksanaan jual beli saham dan obligasi yang dapat dilakukan melalui bursa efek atau di luar bursa efek.
  • Manajer investasi; mengelola portofolio efek untuk nasabah baik perorangan maupun kolektif.

Kewajiban-Kewajiban Perusahaan Sekuritas

Dari kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan sekuritas tersebut di atas, berikut beberapa kewajiban yang harus dipenuhi yaitu:

  1. Perusahaan efek yang bertindak sebagai Perantara Pedagang Efek dilarang bertransaksi atas efek yang tercatat di Bursa Efek buat pihak terafiliasi atau kepentingan sendiri.
  2. Perusahaan efek yang bertindak sebagai Penjamin Emisi Efek wajib mengungkapkan dalam Prospektus adanya hubungan Afiliasi atau hubungan lain yang bersifat material antara Perusahaan Efek dengan Emiten.
  3. Perusahaan efek yang bertindak sebagai Manajer Investasi dilarang menerima imbalan dalam bentuk apapun, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  4. Perusahaan efek wajib memberi konfirmasi ke pemegang rekening sebagai tanda bukti pencatatan ke rekening efek.
  5. Perusahaan efek harus menyerahkan dividen, bunga, saham bonus, atau hak-hak lain sehubungan dengan pemilikan efek dalam Penitipan Kolektif kepada pemegang rekening.
  6. Perusahaan efek yang telah berizin wajib menyampaikan laporan ke OJK sebagai bagian dari keterbukaan informasi.
  7. Perusahaan efek harus mendahulukan dan menjaga kepentingan nasabahnya selama kepentingan tersebut tak bertentangan dengan undang-undang.
  8. Perusahaan efek wajib menyimpan segala catatan yang berhubungan dengan pesanan, transaksi, dan kegiatan investasi nasabah dengan baik.
  9. Perusahaan efek wajib melakukan pembukuan terpisah buat setiap nasabah agar gak terjadi percampuran efek

Jenis Perusahaan Sekuritas

Ada dua jenis perusahaan sekuritas yang beroperasi di perdagangan saham di Indonesia yaitu konvensional dan syariah. Sekuritas konvensional menyediakan layanan untuk semua jenis saham. Sedangkan sekuritas syariah hanya menyediakan layanan transaksi efek yang berlabel halal dan sesuai syariat Islam.

Dalam praktik pelaksanaannya, perusahaan sekuritas memiliki 3 unsur yaitu:

  • Pialang; yaitu pihak yang melakukan transaksi efek di pihak investor, seperti membeli, menjual, dan memperdagangkan portofolio investasi.
  • Dealer; merupakan organisasi yang membeli atau menjual sekuritas dari portofolio meraka sendiri untuk kemudian ditawarkan kepada investor yang akan membeli.
  • Broker; adalah kombinasi dua unsur sebelumnya.

Review Perusahaan Sekuritas Terbaik di Indonesia

Untuk memilih perusahaan mana yang akan kita jadikan sebagai mitra dalam berinvestasi saham saya mengacu pada review online yang dilakukan beberapa situs topik finansial. Setelah itu baru dipilih 3 perusahaan berdasarkan frekuensi dan urutan direview.

Adapun menurut rangkuman review online, berikut perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia.

Berdasarkan tabel di atas, yang paling disebutkan di urutan pertama adalah Indo Premier Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan BNI Sekuritas. Nah 3 perusahaan sekuritas inilah yang akan kita bandingkan secara detail dengan 5 pertimbangan yang saya sebutkan di awal.

Saya tidak meragukan reviewer online di atas karena rata-rata sudah menjadi perusahan keuangan dan ketiga perusahaan ini masuk ke dalam rekomendasi perusahaan sekuritas untuk menabung saham.

Indo Premier Sekuritas

PT Indo Premier Sekuritas adalah perusahaan penyedia jasa keuangan terintegrasi di bidang pasar modal yang melayani klien individu maupun korporasi berdasarkan ijin Badan Pengawas Pasar Modal/Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor KEP-11/PM/PPE/1996. Pada tahun 2002.

  1. Minimum setoran awal: Tidak ada
  2. Biaya transaksi: Beli 0.19%, Jual 0.29%
  3. Mobile tools: IPOTSTOCK (app, web, windows), IPOTNEWS (web), IPOTPLAN (web), IPOTFUND (web)
  4. Cabang terdekat: Alam Sutera
  5. Pencairan dana: -

Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas merupakan salah satu investment bank terkemuka dan broker lokal teraktif di pasar modal. Sebagai bagian dari institusi finansial terbesar di Indonesia, Mandiri Sekuritas telah hadir sebagai mitra investasi terpercaya sejak tahun 2000.

  1. Minimum setoran awal: Mahasiswa (2 juta), Umum (5 Juta), Full Service (100 Juta)
  2. Biaya transaksi: Beli 0.18%, Jual 0.28% (minimal Rp 5000/hari)
  3. Mobile tools: MOST (app, desktop, web)
  4. Cabang terdekat: Pondok Indah Office Tower 3
  5. Pencairan dana: -

BNI Sekuritas

PT BNI Sekuritas bergerak di bidang pasar modal yang meliputi perdagangan saham, perdagangan surat utang, investment banking dan assets management dengan nomor Izin Usaha Perusahaan Efek KEP-21/PM.2/2017

  1. Minimum setoran awal: Online (1 Juta), Hybrid (5 Juta)
  2. Biaya transaksi: Beli 0.15%, Jual 0.25%
  3. Mobile tools: BIONS (app)
  4. Cabang terdekat: Pondok Jagung (Mall WT Matahari Serpong)
  5. Pencairan dana: -

Kesimpulan

Mari kita gabungkan yang terbaik dari 5 fitur tadi. Untuk fitur pencairan dan mungkin bisa kita skip terlebih dahulu. Kita akan lebih fokus untuk mulai daftar dan mulai berinvestasi saham.

Dari sisi setoran awal, jelas Indo Premier Sekuritas pemenangnya meskipun biaya transaksinya paling tinggi diantara dua lainnya. Namun aplikasi pendukung untuk investor sangat lengkap hingga memiliki aplikasi web pendukung untuk informasi umum terkait investasi. Kemudian kantor cabang sama-sama dekat dengan BNI Sekuritas namun pilihan akhir saya jatuh pada Indo Premier Sekuritas.

Mengapa tidak dicoba satu-persatu saja? Kenapa mesti repot membandingkan dari awal? Jawabannya karena kita tentu menginginkan hal yang pasti dalam penggunaan jangka panjang. Kecuali tujuannya trading mungkin bisa saja kita punya akun di setiap perusahaan sekuritas.

Ok, di next artikel kita akan mencoba membuat akun di Indo Premier Sekuritas.


Source:

  • lifepal.co.id, ajaib.co.id, www.cekaja.com, www.folderbisnis.com, artikel.bibit.id, yuknabungsaham.idx.co.id, www.sahamok.net, diestraperdana.com, gopinjol.com, pixabay.com

Post Navi

Post a Comment

2 Comments

  1. Klo ngecek di OJK bisa juga kali ya? Btw ojk ada twitternya ?

    Best Regards
    Klipingqu.com
    https://www.klipingqu.com/?m=1

    ReplyDelete
  2. bisa, ada bang ni https://twitter.com/OJKINDONESIA

    ReplyDelete