Ad Code

Responsive Advertisement

Pembelian Pertama Investor Saham Pemula di Aplikasi IPOT

Pembelian Pertama Investor Saham Pemula di Aplikasi IPOT

Setelah Anda melakukan registrasi akun di aplikasi IPOT seperti dalam artikel sebelumnya yaitu Membuat Akun di IPOT (Indo Premier Online Technology), Anda akan dikirimi email oleh Indo Premier Sekuritas terkait status registrasi Anda dan meminta Anda untuk menekan link URL verifikasi agar proses pembuatan SID dan RDN dilanjutkan.

Baca: Memilih Perusahaan Sekuritas Untuk Investor Saham Pemula

Setidaknya Anda akan menerima 6 Email dalam pembukaan akun di IPOT, maka dari itu pastikan selalu mengecek inbox email. Apalagi jika email yang didaftarkan tidak aktif (login) di smartphone Anda.

Konfirmasi Pembukaan Rekening

Email yang pertama adalah email konfirmasi data pembukaan rekening yang terdiri dari nama, alamat email, nomor KTP, dan nomor telepon. Termasuk di dalamnya ada URL yang harus Anda klik dan login dengan username dan password yang telah dibuat sebelumnya.

Pembuatan SID & RDN

Setelah Anda verifikasi dengan klik link dan login, pihak sekuritas akan menginformasikan bahwa pembuatan Single Investor Identification SID dan Rekening Dana Nasabah (RDN) sedang dibuat. Biasanya proses ini hanya memerlukan waktu 1 jam.

Pemberitahuan SRE & SID

Email selanjutnya adalah informasi nomor ID Anda di Indo Premier dan nomor SREnya. Silakan dicatat nomor ini dengan baik untuk keperluan di masa yang akan datang.

Pemberitahuan SID

Kemudian Anda akan menerima email pemberitahuan akun (SID) sudah selesai dibuat dan tahap selanjutnya adalah pembuatan RDN di bank yang bekerja sama dengan Indo Premier, yaitu BCA.

Rekening Dana Nasabah

Selanjutnya email datang dari klikbca yang menginformasikan terkait BCA RDN TAPRES dimana proses ini sudah selesai. Nah rekening inilah yang akan digunakan dalam akun IPOT untuk menerima saldo dan yang akan kita belanjakan saham di pasar efek.

Rekening Dana Nasabah 2

Jika BCA mengkonfirmasi nomor rekening dengan masking (angka ditutup ***), maka Anda akan menerima email terakhir dari Indo Premier yang berisi informasi Rekening Dana Nasabah lengkap dengan nama bank, nama Anda, dan nomor rekening yang bersangkutan.

Baca: 7 Kesalahan Investor Saham Pemula

Pembelian Pertama Investor Saham Pemula di IPOT

Sebelum membeli saham perdana, pastikan Anda memiliki saldo di akun IPOT. Caranya ya cukup transfer ke rekening dana nasabah (RDN) BCA di atas. Untungnya saya sudah memiliki rekening BCA yang lain sehingga proses pengisian saldo bisa dilakukan dengan transfer antar rekening melalui mobile banking BCA.

Pastikan uang yang akan Anda masukkan sebagai saldo sesuai dengan kebutuhan pembelian saham perdana. Paling tidak, dananya cukup untuk membeli 1 lot saham meskipun di aplikasi IPOT ini tidak ada minimal saldo awal.

Contohnya, jika ingin membeli saham BBCA yang harganya 36ribuan/lembar, paling tidak saldo kamu tidak kurang dari 3,7 juta karena akan ada admin fee yang dibebankan pada saat membeli saham. Silakan sesuaikan berapa harga saham yang pertama Anda beli.

Cek terlebih dahulu saldo Anda dengan memilih Info Kas di halaman depan aplikasi atau melalui icon profil sebelah kanan atas. Contohnya seperti di bawah ini:

Pilih Stock di halaman utama kemudian pilih Simple Buy lalu masukkan kode saham atau nama perusahaan yang akan Anda beli. Masukan juga harga yang Anda ajukan dan jumlah lot saham (pastikan saldo RDN mencukupi) lalu klik Submit seperti berikut ini:


Butuh dana? Gadai BPKB Motor Mudah dan Cepat Klik Disini

Di capture tersebut Anda dapat melihat antrian investor-investor lain yang sedang 'ngebid' atau antre untuk membeli dan investor yang 'offer' atau antre menemukan harga cocok untuk dijual. Di kesempatan ini, saya memilih saham PT Multipolar Technology Tbk dengan berbagai pertimbangan. Alasan dan penjelasannya akan saya tulis dalam artikel selanjutnya.

Pembelian saham berhasil:


Jika Anda melakukan transaksi jual/beli di luar jam operasional pasar saham, maka akan muncul notifikasi seperti di bawah ini.

Jam operasional pasar saham sendiri yaitu:

Senin s/d Jumat:

Sesi 1: pukul 09.00 - 11.30

Sesi 2: pukul 13.30 - 15.00

Sabtu dan Minggu Tutup.

Demikian informasi ini bisa saya sampaikan. Pembelian pertama investor saham pemula ini bisa jadi menginspirasi Anda dan orang-orang sekitar Anda di luar sana yang sama-sama berkeinginan untuk berinvestasi. Silakan dibagikan di sosial media dan semoga bermanfaat.

Source: [img src: pixabay.com]

Post Navi

Post a Comment

8 Comments